ANGKET POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH
ANGKET POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH
A. Petunjuk Mengerjakan
1. Berilah tanda ( � ) pada salah satu alternatif jawaban yang tertera di kolom di sebelah kanan dari setiap pernyataan.
2. Kolom terdiri dari 2 (dua) pilihan yaitu YA dan TIDAK
B. Item Angket
No | PERNYATAAN | ALTERNATIF JAWABAN | |
YA | TIDAK | ||
1. 2 3 4 5 6. 7 8 | Kepala madrasah menetapkan standar dan prosedur kerja secara rinci dan seragam Kepala madrasah mengharuskan guru dapat menyelesaikan tugas sesuai target waktu yang ditetapkan Kepala madrasah memberikan toleransi bagi guru yang menga-baikan tugas pokok di madrasah Kepala madrasah mendorong guru agar berprestasi Kepala madrasah beranggapan semua guru sudah tahu kewa-jiban masing-masing tanpa pengarahan. Kepala madrasah mengharuskan guru dapat mencapai perolehan angka kredit secara maksimal Kepala madrasah mengharapkan guru dapat naik jabatan fungsi-onal tepat waktu Kepala madrasah kurang tertarik terhadap kelompok kerja guru | | |
No. | PERNYATAAN | ALTERNATIF JAWABAN | |
YA | TIDAK | ||
9 10 11 12 13 14. 15 16 17 18 19 20 21 22 23 | Kepala madrasah berasumsi bahwa semua guru mempunyai ke-mampuan yang sama Kepala madrasah melakukan analisis konteks dalam menetapkan tujuan madrasah Kepala madrasah mempercayakan tugas-tugas madrasah pada ke-lompok kerja guru Kepala madrasah mengabaikan keterlibatan peran komite dalam merumuskan tujuan madrasah Kepala madrasah memberikan tugas berdasarkan kemampuan dan kewenangan guru Kepala madrasah jarang mendelegasikan tugas kepada wakil kepala madrasah/guru Kepala madrasah kurang yakin terhadap kemampuan guru Kepala madrasah mengijinkan guru menempuh pendidikan lan-jutan Kepala madrasah mempersulit ijin tugas belajar bagi guru Kepala madrasah hanya memberikan gambaran umum untuk mengarahkan para guru dalam melaksanakan tugas, untuk detail diserahkan pada guru masing-masing Kepala madrasah membiarkan para guru mengambil inisiatif dalam pelaksanaan tugas Kepala madrasah mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan perasaan semua pihak Kepala madrasah mengambil keputusan secara cepat tanpa memperdulikan saran dan pendapat guru Kepala madrasah memiliki toleransi tinggi dalam semua hal Kepala madrasah yang baik adalah yang memiliki wibawa dan jarang tersenyum | | |
No | PERNYATAAN | ALTERNATIF JAWABAN | |
YA | TIDAK | ||
24 25 26 27 28 29 30 | Kepala madrasah membiarkan para guru merumuskan sendiri arah dan tujuan pendidikan di madrasah Kepala madrasah tidak pernah memaksakan perintahnya untuk dipatuhi Kepala madrasah terlalu banyak memberi petunjuk kepada guru dalam mencapai visi, misi dan tujuan madrasah Kepala madrasah selalu menggunakan peraturan dalam setiap tindakan tanpa kompromi Kepala madrasah mempercayakan penyelesaiaan tugas-tugas pada tanggungjawab pribadi guru Kepala madrasah mengawasi kegiatan guru secara ketat dan rutin Kepala madrasah tidak mau tahu urusan dan tugas-tugas guru, yang penting hasil akhir beres | | |
MENURUT ANDA, BAGAIMANA MEMANAGE ORGANISASI YANG BAIK ITU?
������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������
KUNCI JAWABAN:
NO | YA | TIDAK | SKOR | | NO | YA | TIDAK | SKOR |
1 | 1 | 0 | | | 16 | 1 | 0 | |
2 | 1 | 0 | | | 17 | 0 | 1 | |
3 | 0 | 1 | | | 18 | 1 | 0 | |
4 | 1 | 0 | | | 19 | 1 | 0 | |
5 | 0 | 1 | | | 20 | 1 | 0 | |
6 | 1 | 0 | | | 21 | 0 | 1 | |
7 | 1 | 0 | | | 22 | 1 | 0 | |
8 | 1 | 0 | | | 23 | 0 | 1 | |
| | | | | | | | |
9 | 1 | 0 | | | 24 | 0 | 1 | |
10 | 1 | 0 | | | 25 | 0 | 1 | |
11 | 1 | 0 | | | 26 | 1 | 0 | |
12 | 0 | 1 | | | 27 | 1 | 0 | |
13 | 1 | 0 | | | 28 | 0 | 1 | |
14 | 0 | 1 | | | 29 | 1 | 0 | |
15 | 0 | 1 | | | 30 | 1 | 0 | |
| | | | | | | | |
JUMLAHKAN JAWABAN NO 1 � 8, 9 � 15, 16 � 23, DAN 24 � 30
BUATLAH PROSENTASE : JUMLAH YANG DIPEROLEH/NILAI MAKSIMAL X 100
MANAKAH DIANTARA 4 KELOMPOK TERSEBUT YANG NILAINYA TERBESAR?
1 � 8 : TIPE VISIONER
Pemimpin jenis ini diyakini merupakan tipe pemimpin yang lebih efektif dibanding yang lainnya. tipe pemimpin ini mampu mengartikulasikan suatu tujuan yang baginya merupakan tujuan yang sejati dan selaras dengan nilai bersama dengan orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin jenis ini terbuka kepada bawahannya dengan membagikan berbagai informasi serta pengetahuan, sehingga orang-orang yang berada di semua tingkat perusahaan merasa dilibatkan dan mampu membuat keputusan yang terbaik. Pemimpin visioner meyakini bahwa informasi adalah langkah awal menuju sukses sehingga mereka secara terbuka akan berbagi informasi itulah sebabnya menurut penelitian James (1999) tipe pemimpin ini disebut sebagai pemimpin yang sangat aktif dan exspressive. Mengerti masalah dari sudut pandang orang lain merupakan ciri yang utama yang dimiliki oleh pemimpin visioner karena itulah maka pemimpin visioner seringkali dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai situasi dengan cepat. Meskipun gaya "kepemimpinan"ini cukup memiliki daya kuat, namun tidak selalu cocok digunakan dalam setiap situasi, karena akan selalu ada beberapa pihak yang memandang pemimpin ini terlalu idealis dan terkadang gaya kepemimpinan ini tidak cocok diterapkan untuk banyak pekerjaan yang sifatnya kelompok.
9 � 15 : TIPE DEMOKRATIS
Mendengarkan adalah kekuatan kunci dari pemimpin jenis ini. Mereka selalu bertindak dan berprilaku ingin menjadi pendengar yang baik terhadap bawahannya, karena mereka memang peduli kepada bawahannya, dia juga adalah jenis pemimpin yang kolaboratif, artinya dapat bekerja sebagai anggota kelompok, tetapi juga dapat menjadi pemimpin teratas dalam kelompok. Dan dia juga mampu meredakan konflik dan membangun harmonisasi dalam kelompok kembali.
16 � 23 : TIPE PEMBIMBING/AFILIASI
Pemimpin jenis ini sangat menghargai perasaan-perasaan orang-orang yang bekerja untuk dia, karena dia tidak menekankan pada hasil atau pencapaian tujuan , tetapi lebih pada kebutuhan emosi para karyawannya. Gaya ini sangat cocok sekali bagi perusahaan yang memiliki iklim kelompok. Ciri dari pemimpin ini adalah menyenangi kerjasama, lunak, harmonis, humoris, interaksi yang ramah, membangun relasi yang baik dengan orang yang dipimpinnya. Oleh karena itu jenis pemimpin ini sangat menghargai waktu-waktu senggang, karena dengan begitu dia dapat melakukan pendekatan dengan bawahan untuk membantu mereka melewati masa-masa sibuk nantinya.empati sangat dikedepankan olehnya karena ia ingin peduli pada karyawannya secara keseluruhan bukan hanya berdasarkan tanggung jawab tugas. Karena gaya pemimpin ini kelihatannya baik sekali terhadap karyawan, maka lebih baik gaya ,"kepemimpinan"ini tidak disarankan digunakan sendiri karena dikhawatirkan akan membuat bawahan berpikir bahwa setiap kesalahan yang mereka buat akan selalu ditoleransi oleh jenis pemimpin seperti ini.
24 � 30 : TIPE OTORITER
Gaya memimpin seperti ini kadang disebut sebagai gaya intimidasi, pemimpin seperti ini, sangat menuntut bawahannya patuh pada perintahnya secara langsung, tanpa menjelaskan apa alasannya ingin bawahannya mendengarkan perintahanya tersebut. Dia selalu ingin memantau dan mengontrol setiap situasi sebisanya. Walaupun kadang dia memberikan umpan balik, umpan balik kadang hanya terfokus pada kesalahan bukan pada hal-hal baik yang telah dilakukan, maka dari itu tidak heran bila jenis,"kepemimpinan"yang ini seringkali dianggap tidak efektif dan tidak pro rakyat. Karena sikap jarang memujinya tersebut yang membuat karyawan menjadi patah semangat, sehinga berpengaruh pada kinerjanya. Walaupun seringkali pemimpin ini merasa berhasil mencapai tujuan organisasi, namun dia tidak menyadari bahwa pencapaiannya tidak dikerjakan sendiri oleh seorang pemimpin, melainkan hasil interaksi antara bawahan dan atasan dapat membantu tercapainya suatu tujuan organisasi.
Posting Komentar untuk "ANGKET POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH"